Sosialisasi dan Kampanye Formatur Caketum dan Anggota MKP IPPAT Periode 2024-2027 di Semarang


Semarang, ppippat.com. Sosialisasi dan kampanye Calon Formatur/Ketua Umum dan Anggota Majelis Kehormatan Nasional (MKP) PP IPPAT, putaran pertama diselenggarakan PP IPPAT bekerjasama dengan Pengwil Jateng IPPAT di hotel GM Setos, Semarang, Jawa Tengah, 20 Januari 2024.

Hadir dalam Sosialisasi dan Kampanye tersebut, Calon Formatur/Caketum IPPAT Dr. Hapendi Harahap, SH.MH, serta calon anggota MKP IPPAT antara lain Dr. Khant Safikni, SH., Sp.N., MH, Dr. Isy Sakir, Dr. Abdul Muis, SH. MH, Dr. H. Wira Franciska, SH., MH., dan Julius Purnawan, SH., M.Si. Sedangkan calon MKP lainnya, Dr. Darwin Ginting, SH,. MH, dan Firlandia Muchtar , SH.M.Kn. berhalangan hadir.

Sosialisasi dan Kampanye Calon Formatur/Ketum PP IPPAT 2024-2027 digelar secara daring dan luring dan dimoderatori oleh Sekretaris Pengwil Jateng IPPAT Dr A Halim. SH.M.Kn.

Sebelum digelar sosialisasi dan kampanye, lebih dulu diselenggarakaan Seminar dengan topik “Langkah Kongret Pencegahan Mafia Tanah, Menuju PPAT Yang Profesional,” menghadirkan narasumber Kepala Kakanwil BPN Jawa Tengah , Dwi Purnama, SH. M.Kn.

Ketua Pengwil Jateng IPPAT Prof (HC) Dr. Widhi Handoko, SH., SpN, menyampaikan selamat datang ke Semarang kepada Ketum IPPAT beserta jajaran PP IPPAT, para calon anggota MKP IPPAT, para Ketua Pengwil dan para peserta Seminar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PP IPPAT yang telah memberikan kepercayaan kepada Pengwil Jateng IPPAT dalam menyelenggarakan kegiatan penting ini dan selamat datang kepada Ketum IPPAT Dr Hapendi Harahap dan jajaran, Kepala Kantor BPN Jawa Tengah Bapak Dwi Purnama, para calon anggota MKP serta para peserta seminar nasional,” kata Widhi Handoko.

“Semoga melalui kegiatan pagi ini para peserta mendapatkan ilmu pengetahuan melalui seminar dan mendapatkan informasi mengenai sosok dan kemampuan Calon Ketum dan para anggota MKP IPPAT periode mendatang,” pungkas Widhi.

Kabid Organisasi PP IPPAT Dr. Bambang Oyong, SH., MH mewakili Ketum IPPAT menyampaikan terima kasih kepada Pengwil Jateng IPPAT karena telah ikut menjadi bagian mensukseskan tahapan pemilihan Ketum dan anggota MKP yang akan digelar dalam Kongres IPPAT ke 8 di Medan Sumatera Utara.

Bambang S Oyong, Kabid Organisasi PP IPPAT

“Mewakili PP IPPAT saya ucapkan terima kasih kepada panitia dan Pengwil Jateng IPPAT atas dedikasi dan kerja kerasnya sehingga acara perdana sosialisasi dan kampanye calon Formatur/Ketum dan Anggota Majelis Kehormatan Pusat (MKP) IPPAT di Semarang ini bisa terlaksana dengan baik. Terima kasih juga saya ucapkan kepada para Ketua Pengwil se Indonesia, anggota MKW Jawa Tengah dan para Ketua Pengda Jawa Tengah IPPAT yang hadir dalam acara tahapan pemilihan Calon Ketua Umum dan Anggota MKP ini “, kata Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan “Diharapkan sosialisasi dan kampanye ini setidaknya memberikan informasi kepada calon pemilih mengenai figure dan kapasitas dari masing masing calon yang akan maju dalam perhelatan Kongres IPPAT ke 8 mendatang”, jelas Bambang .

Bambang juga menjelaskan sebelum digelar Kongres IPPAT ke 8 di Medan akan diselenggarakan Sosialisasi dan Kampanye Calon Ketum dan Anggota MKP lanjutan di Makassar Sulawesi Selatan dan Pekanbaru Riau.

Dwi Purnama, Kakanwil BPN Jawa Tengah


Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Tengah, Dwi Purnama menyatakan masalah praktek mafia tanah menjadi perhatian serius Kementerian ATR BPN. Keterlibatan PPAT dalam praktek mafia tanah merupakan pelanggaran Jabatan PPAT, karena itu Kakanwil ATR BPN selaku Pembina PPAT bisa mengusulkan sangsi tegas kepada Menteri ATR BPN atas pelanggaran PPAT bermasalah tersebut.

“Selama tahun 2023 ada teguran sebanyak 36 PPAT di kantor pertanahan. Juga terdapat 8 aduan terhadap PPAT kepada Majelis Pembina dan Pengawas PPAT Wilayah (MPPW) Provinsi Jawa Tengah. 6 orang PPAT diberikan sanksi berupa pemberhentian sementara dan 2 orang PPAT sedang dalam usulan untuk diberikan sanksi berupa pemberhentian tetap,” kata Dwi Purnama.

Dwi meminta agar dalam melaksanakan tugas dan jabatannya PPAT mengedepankan prinsip kehati-hatian dan sesuai dengan koridor atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah digelar Seminar, selanjutnya dilaksanakan sosialisasi dan kampanye Calon Fomatur/Ketum IPPAT dan calon anggota MKP IPPAT yang menyampaikan visi dan misinya jika nanti terpilih sebagai Ketum IPPAT dan anggota MKP IPPAT Periode 2024-2027. (Humas PP IPPAT)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *