Prakongres IPPAT di Labuan Bajo Sukses, Dibuka Menteri ATR BPN


Labuan Bajo, ppippat org – PP IPPAT telah melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas III/Pra Kongres) dan Upgrading IPPAT 2023 di The Jayakarta Suites Komodo Flores, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) 14-15 September 2023.

Rakernas dihadiri Menteri ATR BPN RI Laksamana (Purn.) Dr (H.C.) Hadi Tjahjanto, SH, Sp.N, MH sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Rakernas /Prakongres dan Upgrading IPPAT 2023 diikuti sekitar 600 peserta dan dihadiri Ketum IPPAT Dr. Hapendi Harahap, SH., S p.N, MH, Sekum Otty Hary Candra Ubayani, SH, MH, Bendum PP IPPAT Ellies Daini, SH M.Kn , para Kabid PP IPPAT, para ketua Pengwil, ketua Pengda dan perwakilan Pengwil Pengda, MKP, MKW dan MKD.

Sebelum Rakernas /Prakongres dan Upgrading IPPAT dibuka, ditampilkan tarian khas NTT untuk menyambut kehadiran para peserta di Labuan Bajo.

Selanjutnya digelar rangkaian Rakernas yang ditandai penyerahan palu sidang oleh Ketum IPPAT Hapendi Harahap kepada pimpinan sidang rapat pleno.

Dalam Sidang Pleno Rakernas III IPPAT yang di pimpin oleh 5 orang Kabid yang ditunjuk oleh Ketua Umum itu, menghasilkan penetapan bakal calon ketua Umum PP IPPAT dan pelantikan Anggota Mahkamah Perkumpulan.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pelantikan Anggota Mahkamah Perkumpulan IPPAT periode 2023-2026 dari setiap unsur, yaitu 3 dari Unsur PP IPPAT, 3 dari Unsur MKP IPPAT dan 3 dari Unsur Pengwil IPPAT.

Selanjutnya pengesahan dan penetapan bakal calon menjadi calon Formatur Ketua Umum PP IPPAT dan Anggota MKP IPPAT untuk Periode 2024-2027 itu, yang nantinya akan ditetapkan dan disahkan sebagai Ketum dan Anggota MKP IPPAT dalam Kongres IPPAT di Sumatera Utara.

Rakernas dirangkai dengan upgrading ke PPAT an yang terbagi dalam 2 sesi, dengan keynote speaker Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/ BPN RI, Ir. Suyus Windayana Windayana, N.App.Sc, dengan tema : Kebijakan Nasional Kementerian ATR/BPN RI tentang Digitalisasi/Layanan Elektronik di Bidang Pertanahan (termasuk Peralihan Hak Atas Tanah Secara Elektronik, Pelaporan Akta Elektronik termasuk Rencana Implementasi Akta PPAT Elektronik).

Sesi 1 menghadirkan narasumber Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanahan, Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Kementerian ATR BPN RI, I Ketut Gede Ary Sucaya, ST., M.Sc. dengan tema Implementasi Teknis, Sistem dan Aplikasi Layanan Digitalisasi Pertanahan /Layanan Elektronik di Bidang Pertanahan dan Direktur Pengaturan Tanah Komunal Hubungan Kelembagaan dan PPAT, Iskandar Syah, SE.M.PA tentang Pembinaan PPAT untuk mencegah terjadinya persoalan hukum dalam pelaksanaan jabatan PPAT.

Sesi 2 menghadirkan narasumber dari Tilaka Nusa Teknologi, Abraham Ferdinand Inoerawan dan Baskoro Cahyo Armando dengan tema Peluang dan Tantangan Penerapan Akta PPAT Elektronik (Tinjauan dari Aspek Kepastian Hukum dan Keamanan Digital /Cyber Security) serta Ketua Dewan Pakar IPPAT, Dr Darwin Ginting, SH, MH yang membedah buku Pedoman Pembuatan Akta-Akta PPAT.

Pada malam harinya dilaksanakan Gala Dinner yang dihadiri oleh Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto bersama wakil Menteri Raja Juli Antoni dan Sekretaris Jendral Kementerian ATR BPN Suyus Windayana, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake Kakanwil BPN NTT Hiskia Simarmata dan Bupati Manggarai Edistasius Endi serta seluruh peserta Rakernas dan Upgrading IPPAT.

Gala dinner diawali dengan launching buku Pedoman Pembuatan Akta-Akta PPAT, yang diserahkan Ketua Umum IPPAT Hapendi Harahap kepada Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto dan pembukaan secara resmi Rakernas dan Upgrading IPPAT 2023 oleh Menteri ATR/BPN.

Selanjutnya dilaksanakan agenda ramah tamah dengan menyaksikan hiburan pementasan kesenian dari Pengwil NTT, angklung dari Pengwil IPPAT Jatim dan tim kesenian dari pengwil IPPAT Sumatera Utara.

Menteri ATR BPN Hadi Tjahjanto juga menyumbangkan sejumlah tembang kenangan dan mengajak seluruh peserta berjoget bersama. (Humas PP IPPAT)

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *